Blogger news

Senin, 05 Juli 2010

Prospek budidaya ayam buras

Ditengah persaingan antara peternak ayam ras berskala besar dan peternak kecil, keberadaan ayam kampung yakni ayam indonesia asli, terlupakan. Tetapi setelah harga telur dan daging ras selalu naik turun, dan harga pakan ternak selalu meningkat, banyak peternak kecil yang gulung tikar.

Keadaan yang memprihatinkan ini mendorong masyarakat dan peternak kecil untuk beralih ke intensifikasi ternak ayam kampung. Bahkan dalam hal ini pemerintah memberi dorongan yang kuat dengan dikeluarkanya Surat keputusan 17/SK/Mentan/Bimas/1/1985 tentang Intensifikasi Ayam Buras (INTAB). Hal ini menunjukan bahwa ayam buras/ayam kampung mempunyai prospek yang cukup cerah.

Dalam pelaksanaan INTAB tersebut dikenal adanya Sapta Usaha Ayam Kampung, yang meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
  1. Pemilihan Bibit yang baik
  2. Pencegahan dan pemberantasan hama penyakit
  3. Perkandangan
  4. Pemberian pakan tambahan
  5. Penanganan pasca panen dan pemasaran
  6. Pengelolaan usaha
Mengapa ayam kampung begitu diminati masyarakat dan diperhatikan pemerintah?
  1. Ayam kampung lebuh tahan penyakit daripada ayam ras
  2. ayam kampung lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan
  3. Daging ayam kampung dianggap masyarakat lebih enak daripada ayam edaging, sedangkan telur ayam kampung dianggap afdol sebgai jamu.\
  4. Bagi pemerintah, usaha peternakan ayam kampung berarti pelestarian ayam asli indonesia dari kepunahan, memperluas kesempatan kerja, dan peningkatan pendapatan peternak.
Dalam pelaksanaan INTAB melalui Sapta Usaha Ayam Kampung, pemeliharaan dilakukan secara bebas berkeliaran dipekarangan yang diberi pagar cukup rapat sehingga ayam tidak bisa keluar dari pekarangan tersebut.

Pemeliharaan ayam kampung sistem battery membawa beberapa keuntungan dalam usaha intensifikasi ternak ayam kampung, antara lain:
  1. Pakan dan air minum dapat dikontrol kebersihanya, sehingga kesehatan ayam lebih terjaga.
  2. Kontak langsung antara ayam sakit dan ayam sehat dapat dihindari dengan mudah
  3. Pada luas lahan yang sama, sistem pemelihraan ayam kampung sistem ini dpat memuat lebih banyak daripada sistem pemeliharaan dengan melepas ayam dipekarangan yang diberi pagar.
  4. Tidak ada persaingan dalam mencari pakan, sehingga pertumbuhan dan produktivitas ayam menjadi lebih baik.
  5. Ayam yang menampakan gejala sakit dengan mudah dapat segera diketahui dan disingkirkan.
  6. Pemelihraan menjadi lebih ringan sehingga penggunaan tenaga kerja menjadi lebih efisien.
Sebenarnya masih lebih banyak lagi keuntungan pemeliharaan ayam kampung sistem battery ini, walaupun dari segi modal memang lebih mahal. Tetapi hasil yang dihasilkan lebih besar dari sistem lainya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Ternak Ayam Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger