Blogger news

Selasa, 13 Juli 2010

Kandang ayam kampung

Kandang adalah tempat tinggal ayam,tempat berlindung dari terik matahari dan hujan, tempat mendapat pakan dan minum, mendapat jaminan kesehatan, dan aman dari gangguan manusia jahat serta binatang lain. Dengan demikian peranan kandang bagi ayam kampung juga semakin penting. Untuk itu tatalaksana perkandangan harus kita perhatikan dengan seksama, agar tidak mengganggu jalannya usaha peternakan tersebut.

Untuk daerah tropis seperti Indonesia, biasanya digunakan kandang terbuka atau setengah terbuka pada bagian dinding kandang, untuk memperlancar jalan udara (ventilasi udara).
Sedangkan macam kandang yang biasa digunakan di Indonesia ada tiga bentuk, yaitu :

a. Kandang Litter
Kandang system ini mempunyai lantai (alas) yang tersusun dari sekam, padi, kotoran (tahi) sapi dan sedikit kapur.

b. Kandang Strimin
Kandang strimin mempunyai konstruksi lantai yang berada sedikit lebih tinggi di atas tanah. Lantai yang digunakan terdiri dari kawat yang berlubang-lubang (anyaman), sehingga kotoran ayam akan jatuh langsung ke tanah.

c. Kandang Battery
Kandang system ini hamper sama dengan kandang strimin bila dilihat dari letak lantai yang berada di atas tanah. Pada kandang battey, lantai kandang terbuat slat (belahan) bamboo atau dari kawat yang renggang, sehingga kotoran ayam juga akan jatuh ke tanah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Ternak Ayam Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger