Blogger news

Rabu, 03 Oktober 2012

Kelemahan ayam jawa super

Ada beberapa kelemahan dalam beternak ayam jawa super ini antara lain adalah:
  1. Karena ukuran tubuhya besar, selera makannya juga cukup besar alias rakus sehingga terjadi pemborosan pakan.
  2. Tidak seperti ayam buran pada umumnya, ayam jawa super termasuk jenis ayam yang malas mengerami telurnya.
  3. Tidak seperti ayam kampung yang telurnya bisa diperjualbelikan per butir, cara penjualan telur jawa super ini disamakan dengan cara penjualan telur ayam negeri, yakni hanya dijual dalam satuan kilogram (kiloan).
  4. Karena standar jualnya kiloan, dengan sendirinya harga telurnya menjadi lebih murah dibandingkan dengan telur ayam kampung.
  5. Ayam jawa super masih jarang ditemukan dipasaran, kalaupun ada, hanya ditemukan didaerah-daerah tertentu. Hal ini jelas berbeda dengan ayam kampung dan ayam negeri yang sudah dikenal dan tersebar dimana-mana. KOndisi ini agak memepersulit konsumen atau masyarakat untuk mendapatkannya, kecuali jika mau sedikit bersusah payah dengan cara berburu ke luar daerah.
Dari kelebihan dan kekurangannya, tampaknya ayam jawa super ini memiliki potensi untuk dikembangkan, baik sebagai petelur maupun pedaging. Bisa juga dijadikan sebagai ayam peliharaan selingan dicampur dengan peliharaan jenis lain. Jika diusahakan secara komesrsial, ayam bertubuh montok ini bisa dijadikan sebagai hewan kesayangan untuk mengisi lahan pekarangan kecil di sekitar anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Ternak Ayam Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger