Blogger news

Kamis, 12 April 2012

Penyebab Ayam Mati Mendadak

Penyebab Ayam Mati Mendadak - Sebanyak 88 ekor ayam kampung di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, ditemukan mati mendadak. Ayam-ayam itu tersebar di tiga desa.

Puluhan ekor ayam itu ditemukan mati sejak Minggu lalu hingga Selasa (31/1/2012) ini. Kematian ternak terjadi secara mendadak, tanpa didahului indikasi adanya penyakit.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Peternakan Brebes, Jhoni Murahman, mengatakan, pihaknya telah memeriksa ayam-ayam yang mati tersebut.

Dari pemeriksaan rapid tes (tes cepat) yang dilakukan petugas Dinas Peternakan Kabupaten Brebes, ayam-ayam tersebut positif terkena virus flu burung (Avian influenza).

Untuk menghindari penyebaran penyakit tersebut, dinas peternakan telah menerjunkan petugas Partisipatory Disease Surveillance Response (PDSR) atau tim gerak cepat untuk melakukan pengendalian.

Pengendalian penyebaran virus flu burung dilakukan dengan mengandangkan ayam yang masih hidup, melarang keluarnya ternak dari desa yang terjangkit flu burung ke luar daerah, serta menyemprot kandang dan sumber virus flu burung dengan disinfektan.

"Ternak yang mati juga harus dikubur, untuk memutus penularan virus," kata Jhoni.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Ternak Ayam Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger