Blogger news

Selasa, 20 Juli 2010

Pemeliharaan Anak Ayam Kampung

Sebelum anak ayam dimasukkan ke dalam kandang, kandang harus di semprot dulu dengan obat cuci hama yang tidak berbahaya. Penyemprotan yang sama dilakukan juga terhadap peralatan, seperti tempat pakan dan tempat minum.

Lantai kandang dilapisi kertas sampai anak ayam berumur 2-3 minggu. Lampu pemanas diberikan sampai anak ayam berumur empat minggu. Hal ini harus dilakukan sebab pertumbuhan bulu belum sempurna, sehingga belum mampu menahan udara dingin. Kandang anak ayam harus dijauhkan dari kandang induk, karena pada umur sehari hingga dua bulan, anak ayam sangat peka terhadap kuman penyakit.

Pemberian pakan dilakukan empat kali dalam sehari, yaitu pada jam 06.00, 09.00, 12.00 dan 15.00. Jumlah pakan pada jam-jam awal diberikan lebih banyak dan semakin siang semakin dikurangi. Pakan untuk anak ayam harus berupa tepung, sebab alat pencernaannya belum sempurna.

Ketahanan tubuh anak ayam terhadap kuman penyakit sangat rendah. Oleh karena itu anak ayam harus sering diberi vitamin untuk menjaga ketahanan tubuh, memecu pertumbuhan dan bulu. Vitamin ini dapat diberikan melalui air minum.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Ternak Ayam Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger