Blogger news

Jumat, 16 Juli 2010

Konstruksi dan Pembuatan Kandang Battery untuk ayam kampung

a. Untuk anak ayam

Ukuran kandang seperti ini tidak mutlak, tetapi paling tidak merupakan ukurang yang biasa dipakai para peternak. Pada sisi kandang perlu diberi plastic untuk menahan udara dingin di malam hari.

Sebelum anak ayam berumur satu bulan, di dalam kandang perlu diberi lampu pemanas. Alat pemanas ini diperlukan sebagai pengganti induk untuk menghangatkan tubuh, karena bulu-bulu anak ayam belum tumbuh sempurna. Lampu pemanas dapat menggunakan lampu listrik atau lampu minyak tanah. Lampu pemanas tersebut harus sesuai dengan kebutuhananak ayam. Untuk mengetahui apakah lampu pemanas tersebut sesuai dengan kebutuhan anak ayam, kita dapat memakai pedoman gambar 4.

Untuk anak ayam, konstruksi lantai kandang harus dibuat agak rapat, karena kaki-kai mereka masih terlalu kecil. Sampai umur dua minggu, lantai kandang masih perlu diberi alas dari kertas Koran untuk menghindari cedera kaki, dan untuk mengurangi hantaran udara dingin dari tanah di malam hari. Sesudah berumur lebih dari dua minggu pemakaian lembaran Koran bisa dihentikan. Tetapi bila slat bamboo atau kawat pada lantai terlalu lebar untuk kaki ayam, pemakaian lembaran korantersebut dilanjutkan, sampai kaki anak ayam tidak mungkin terperosok pada slat tersebut.

b. Untuk ayam dara
Anak ayam yang sudah berumur tiga bulan harus segera dipindahkan ke kandang khusus ayam dara. Baik konstruksi maupun pembuatan kandang untuk ayam dara ini pada prinsipnya sama dengan kandang yang digunakan untuk anak ayam. Perbedaannya hanya pada kapasitas kandang dan pengolongan umur saja.
Penggolongan umur dimaksudkan untuk mempermudah penanganan. Ayam dara yang sudah berumur 3-4 bulan harus dipisahkan dengan ayam dara yang berumur 5-7 bulan.

c. Untuk ayam induk
Konstruksi kandang induk berupa kotak individu, yakni setiap kotak hanya diisi induk. Ukuran yang biasanya dipakai peternak adalah sebagai berikut :
Untuk mendirikan kandang battery di atas tanah perlu diberi penyangga, yang dapat dibuat dari kayu atau bamboo denga ukuran seperti di bawah ini :
Untuk memberikan gambaran yang jelas, di bawah ini kami sajikan contoh kandang battery dari bamboo lengkap dengan penyangganya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Ternak Ayam Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger